BMT TUMANG Bentuk Pokusma Baru di Suruh

Dalam rangka menebar kemanfaatan yang lebih luas, BMT TUMANG berencana membentuk Kelompok Usaha Masyarakat (Pokusma) baru di Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Hal ini dilakukan salah satunya dalam rangka mempertegas keberpihakkan BMT TUMANG terhadap usaha di sektor riil, namun yang berada di level mikro.
Rencana pembentukan Pokusma baru tersebut sudah digagas secara matang, malah telah mengadakan pertemuan awal dengan Kelompok Usaha Kreatif dan Seni, FOTASI (Forum Olah Tangan Kreasi) pimpinan Imam Syafi’i yang rencananya akan menjadi mitra awal dalam pembentukan Pokusma tersebut.
Jumali selaku manager Baitul Maal BMT TUMANG mengatakan bahwa format Pokusma yang akan dibentuk tidak akan jauh berbeda dengan Pokusma yang sejauh ini sudah berjalan. Yakni, memberikan suntikan modal dari sumber dana qordul hasan.
“Ini wujud kepedulian sosial kami kepada pemilik usaha mikro yang berada di Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang sehingga mereka bisa eksis. Atau malah bisa tumbuh menjadi usaha yang lebih besar dan profesional,” tandasnya.
Sementara itu, Syafi’i selaku ketua FOTASI merasa beruntung dengan rencana kemitraan bersama Baitul Maal BMT TUMANG. Menurutnya, secara ekonomis hal itu sangat membantu para anggota FOTASI yang selama ini menjadikan modal (uang) sebagai kendala utama bagi berkembangnya usaha mikro mereka.
“Terima kasih atas kepedulian Baitul Maal BMT TUMANG yang telah memberi perhatian kepada usaha kami, terutama di aspek permodalan. Semoga kemitraan ini berjalan lancer, barokah dan memberi kemanfaatan,” tandasnya.
Adapun FOTASI sendiri telah memiliki anggota yang bukan saja mewadahi kreatifitas di perkayuan belaka. Namun, juga sudah mulai merambah ke batik, lukisan, dll. Rencananya kemitraan Baitul Maal dengan FOTASI akan dimulai selambat-lambatnya Bulan Februari 2016.
“Ke depan FOTASI akan menjadi kelompok binaan BMT TUMANG dalam wadah Pokusma dengan konsep yang sama persis dengan Pokusma yang sudah ada. Dan untuk wilayah Kecamatan Suruh, kemitraan bersama FOTASI akan dijadikan pilot project sebelum pembentukan Pokusma lainnya di Kecamatan Suruh,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top