BMT TUMANG Salurkan Beasiswa Dhuafa

 

Sebuah lembaga keuangan selalu diidentikkan sebagai tempat yang memiliki orientasi pada proses penghimpunan dan penyaluran uang. Hal itu memang tidak salah. Tetapi bukan berarti hanya persoalan yang bertalian dengan uang saja yang dikelola sebuah lembaga keuangan. Namun, lembaga kuangan juga memiliki perhatian terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan. Tak terkecuali BMT TUMANG.

Hal ini bisa ditunjukkan melalui banyaknya program sosial yang dimiliki BMT TUMANG dengan mengemban misi membantu sesama. Salah satunya ialah program beasiswa bagi anak-anak dhuafa. Program beasiswa ini merupakan satu dari sekian langkah dari BMT TUMANG untuk menyeimbangkan aktivitas dunia dengan akhirat. Artinya, orientasi kerja tidak hanya bervisi keduniawian saja. Tapi juga memiliki visi akhirat, dengan salah satu contoh menaruh kepedulian kepada dhuafa.

Nah, terkait dengan program sosial itu pada Rabu, 16 Desember 2015 BMT TUMANG melalui divisi Baitul Maal telah menyalurkan beasiswa kepada puluhan siswa-siswi di MIM Nglembu, Sambi Boyolali dan juga SD Muhammadiyah Program Khusus, Andong, Boyolali.

Menurut kepala sekolah MIM Nglembu, Endah Siwi, pemberian beasiswa dhuafa oleh BMT TUMANG menjadi stimulan positif bagi siswa-siswi yang mendapatkannya. Sebab, dengan beasiswa tersebut peserta didik akan lebih termotivasi dalam belajar. “Terima kasih atas bantuan beasiswa dhuafa bagi siswa-siswi kami. Ini jelas sangat membantu kami selaku pihak sekolah dan juga bagi siswa-siswi sendiri. Semoga ini menjadi catatan amal bagi BMT TUMANG,” ujarnya.

Bukan hanya itu, lanjut Endah, semoga program sosial pendidikan dari BMT TUMANG bisa terus berjalan. “Jika kita lebih detil lagi, kebutuhan beasiswa bagi dhuafa di lingkungan sekolahan kami masih tinggi. Semoga langkah BMT TUMANG ini bisa memantik pihak lain untuk melakukan hal yang serupa,” katanya.
Hal senada juga disampaikan Teguh, staf pengajar dari SD Muhammadiyah PK Andong. Kepada BMT TUMANG, Teguh mengaku bersyukur bisa menjalin kerjasama dengan BMT TUMANG, khususnya terkait dengan beasiswa bagi siswa-siswi dhuafa. “Atas nama institusi kami berterima kasih dengan BMT TUMANG yang telah sudi memberikan bantuan beasiswa pendidikan. Semoga ini menjadi langkah awal jalinan kerjasama yang bisa berkelanjutan sekaligus semoga menjadi amal bagi BMT TUMANG,” tandasnya.

Sementara itu, Safangat selaku Tim BMT TUMANG mengaku program beasiswa dhuafa adalah program rutin yang digulirkan pihak lembaga. Dengan tujuan meringankan beban hidup para dhuafa. “Ini bukan sekadar untuk menggugurkan program yang sudah terencana, namun juga memiliki misi kemanusiaan. Khususnya di dunia pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Safangat menegaskan bahwa program beasiswa dhuafa akan tetap menjadi program regular dengan pola penyaluran yang kian menyeluruh. “Setidaknya kami akan menyalurkan beasiswa ini ke masing-masing cabang yang kami miliki,” imbuhnya.
Adapun penyaluran beasiswa dhuafa itu sendiri disambut antusias dan penuh suka cita oleh siswa-siswa. Bintang Fajar, siswa MIM Nglembu misalnya. Dia mengaku bahagia dengan beasiswa yang diberikan BMT TUMANG. Dengan wajah ceria dia menuturkan kebahagiaannya atas beasiswa yang dia dapatkan. “Senang sekali mendapat beasiswa dari BMT TUMANG. Semoga beasiswa ini lebih memacu semangat kami dalam belajar,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Annisa Nada Alya, siswi SD Muhammadiyah PK Andong. Menurutnya, beasiswa dari BMT TUMANG begitu membantu siswa siswi sepertinya. “Terima kasih atas beasiswanya. Semoga ini menjadi pendorong bagi kami untuk lebih meingkatkan prestasi kami,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top