Bersikaplah Lembut pada Pasangan

Selama pernikahan yang telah dijalani, seberapa sering Anda bersikap lembut terhadap pasangan hidup Anda? Seolah-olah inilah pertanyaan sekaligus menjadi “pesan” dari pengajian rutin Sakinah, mawadah, warahmah (Samara) BMT TUMANG yang diselenggarakan 11Januri 2015 lalu.

Pengajian yang menghadirkan Ustadzah Farida Nur’aini dari Surakarta sebagai pemateri tersebut disambut antusias oleh semua jamaah yang hadir. Dalam kesempatan tersebut Ustadz Farida mempertanyakan sejauh mana perlakuan kita terhadap pasangan. Menurutnya, perlakuan yang keliru yang menjurus kepada ketidaksopanan atau kekasaran terhadap pasangan acapkali bisa menjadi pemicu pertengkaran keluarga. Malah lebih ekstrem menjadi pemantik bagi perpecahan sebuah rumah tangga.

“Tidak sedikit sikap atau perkataan kasar kita terhadap pasangan menjadi pemantik perpecahan dalam berumah tangga. Kasus ini bukan saja dialami oleh pasangan muda, namun juga pasangan yang sudah puluhan tahun berumah tangga,” katanya.

Lantaran itulah, lanjut Ustadzah Farida, perlu adanya evaluasi diri dalam memperlakukan pasangan. Bukan saja dari sikap atau tutur kata saja, namun juga dalam penampilan. Menurut Ustadzah Farida, selama ini masih banyak orang yang salah kaprah dalam berpenampilan. “Mestinya penampilan yang terbaik itu disuguhkan untuk pasangan hidup kita, bukan ke banyak orang,” tandasnya.

“Sudah saatnya kita sama-sama memperbaiki kualitas sikap, penampilan dan tutur kata kita terhadap pasangan. Sikap dan tutur kata yang lembut akan lebih mudah diterima oleh pasangan. Barangkali dari kekeliruan atau ketidakmengertian kita dalam bersikap dan bertutur kata selama inilah yang seringkali menjadi penyebab ketidakharmonisan rumah tangga kita,” imbuhnya.

Adapun pengajian yang digelar di Masjid Baiturahim, Tumang Krajan, Cepogo, Boyolali tersebut merupakan pengajian rutin dua bulanan yang diperuntukkan bagi seluruh pengelola, pengurus dan pengawas BMT TUMANG yang diikuti pula oleh masyarakat setempat. (Milla)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top