Program Recovery untuk Korban Bencana Tanah Longsor

Bencana tanah longsor memang telah usai, namun bagi warga yang terdampak bencana alam tersebut masih menyimpan trauma yang dalam. Sebab, tidak sedikit anggota keluarga atau sanak famili mereka yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Belum lagi ancaman bakal terulang kembali bencana sejenis masih terus mengancam.

Nah, dalam rangka memulihkan psikologis warga pada 18 Januari 2015 lalu Baitul Maal BMT TUMANG bersama Forum Baitul Maal Perhimpunan BMT Indonesia dan Dompet Dhuafa mengadakan acara pengajian di Desa Pencil, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pengajian tersebut sebagai salah satu bentuk program recovery terhadap peristiwa bencana tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Banjarnegara, Jawa Tengah beberapa bulan sebelumnya. Selain pengajian, program recovery juga diisi dengan santunan yatim, tausiyah juga penyembelihan kambing sebanyak 10 ekor.

Bukan hanya itu, di lokasi terdampak bencana tersebut juga ditugaskan 2 orang da’i untuk mengawal dan memberikan ‘pendampingan’ kepada warga. “Keberadaan dari da’i-da’i tersebut diharapkan dapat menguatkan akidah dan meningkatkan ketakwaan warga setempat, sehingga kekokohan akidah mereka tetap terjaga sekalipun mereka menjadi korban dari bencana alam,” ujar Safangat selaku salah seorang tim program recovery dari BMT TUMANG, Boyolali. (Fery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top