Langsung Saja

Saya sering melihat orang yang pergi bekerja dengan rutinitas seperti ini: Datang jam 8, lalu mulai menyiapkan kopinya, menaruh bukunya, menaruh barangnya, duduk sebentar mengambil koran dan mulai membaca, “Ada berita apa hari ini?” Lalu mulai mengajak ngobrol teman sebelahnya, “Pak, gimana kabarnya pagi ini? Suasananya cerah ya.” Lalu mulai bergosip ria.

Dan tiba-tiba dia melihat jam dinding yang menunjukkan pukul 10.30, “Ah, saatnya untuk bekerja.” Bekerja sebentar dan ketika menunjukkan pukul 11.30, dia bergumam, “Aduh mulai lapar, sudah waktunya makan siang.” Mencari teman yang cocok untuk makan, sambil ngobrol kecil sini sana. Keluar lagi, tak bekerja, makan siang berangkat jam 12 dan kembali jam 2, dan seterusnya. Jadi, sepanjang pagi kerja efektifnya cuma 1 jam-an, sorenya saya tidak tau lagi apa sempat bekerja atau tidak.

Nah, 1 rumus sederhana untuk menjadi sukses adalah ‘Langsung Saja’. Artinya, tiba di kantor, bukunya dibuka, komputernya disiapkan, telepon dicek, pekerjaannya disiapkan dan itu semua hanya butuh 15 menit, langsung mengerjakan sesuatu. Jam 8.15 mulai, efektif bekerja, jam 10, jam 11 terus efektif. Kalau mau rileks sebentar saja, lantas bekerja lagi hingga waktu istirahat. Manfaatkan jam istirahat seefektif mungkin, lalu kembali ke kantor bekerja lagi hingga jam pulang. Ingat, nikmat waktu itu mahal, sumber daya penting yang tidak tergantikan.

Nah, berikut ini ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan saat bekerja:

  1. 1.    Tentukan tujuan. Tentukan apa saja yang harus Anda capai, tentukan target yang konkret dan dapat diukur dan capailah itu, selesaikan.
  2. 2.    Ketahuilah dunia Anda apa. Ketahuilah keadaan, lingkungan, dan apa yang harus Anda katakan dan kepada siapa. Perhatikan dengan cermat sekeliling Anda ketika bekerja. Karena dunia kita ada di dalam kita dan di luar kita.
  3. 3.    Konsentrasi. Kita harus konsentrasi pada persoalan pekerjaan kita. Tak sekadar membaca koran, atau mengobrol di jam kerja. Kalau sedang bekerja, sebaiknya kita berkonsentrasi sebaik-baiknya. Sambil konsentrasi tetap sadar dengan akan sekeliling kita.
  4. 4.    Lakukanlah ‘langsung saja’. Artinya, begitu sampai jangan terlalu memikirkan macam-macam. Lakukan apa saja yang harus Anda lakukan hari itu tanpa harus menunggu, menunda atau sekadar ngobrol dengan rekan kerja.

‘Langsung saja’ merupakan salah satu fundamental sederhana dalam berbisnis supaya Anda bisa lebih sukses lagi. Nah, sekarang kerjakanlah apapun yang ada dipikiran Anda. Langsung saja. (Sumber: tanadisantoso.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top