Baitul Maal Peduli Banjir Pantura

Cuaca extrim yang belakangan ini terjadi di Indonesia mengakibatkan berbagai musibah, salah satunya adalah banjir yang melanda di sejumlah daerah khususnya di wilayah jalur pantai utara jawa atau yang biasa disingkat pantura.

Dilihat dari segi geografis pantura yang berdekatan dengan laut memang sangat berpengaruh, adanya hujan yang terus menerus mengguyur seakan tak mau berhenti menyebabkan sungai dan tempat – tembat yang biasanya menjadi tempat pengampungan air tak lagi mampu menampung, ditambah lagi air kiriman dari berbagai daerah yang lebih tinggi letaknya memperparah keadaan.  Itulah beberapa sebab terjadinya banjir di kawasan pantura.

Tolong-menolong memang telah menjadi satu bagian yang tidak dapat di hilangkan dari ajaran Islam. Islam mewajibkan umatnya untuk saling menolong satu dengan yang lain. Segala bentuk perbedaan yang mewarnai keidupan manusia merupakan salah satu isyarat kepada umat manusia agar saling membantu satu sama lain sesuai dengan ketetapan Islam.

“Dan tolong-menolong engkau semua atas kebaikan dan ketaqwaan.” (QS. Al-Maidah: 2)

Oleh karena itu Baitul Maal BMT TUMANG bersama – sama dengan Baitul Maal PBMTI Boyolali, Klaten dan Sukoharjo bergerak untuk memberikan bantuan Seperti hygiene kit, obat – obatan, makanan dan pakaian kepada masyakat yang terkena musibah banjir di daerah Kudus Dan Pati.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari juma’at tanggal 31 Januari 2014 sampai dengan Sabtu 1 februari 2014. Berangkat dari Masjid Bani adam Boyolali dengan membawa sejumlah logistic 6 kendaraan berjalan beriringan untuk menuju Kudus untuk berkoordinasi dengan tim relawan setempat guna menentukan titik distribusi bantuan.

Pukul 14.30 Wib sampailah tim di Kudus, Setelah berkoordinasi diputuskan Ada 2 titik yang menjadi tempat sasaran bantuan yaitu di Desa kirig Kec.Mejobo denga ketinggian air banjir antara 30 cm sampai 80 cm dan Desa Karang rowo Kec. Undaan yang telah terisolir. Untuk bisa mencapai lokasi, tim harus menggunakan perahu manual dan memakan waktu 2 jam dengan kondisi listrim padam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top