PELATIHAN CHARACTER BUILDING

Banyak yang tahu bahwa orang lain harus berubah. Tapi sedikit yang tahu, diri merekalah yang seharusnya berubah

Sejumlah sifat baik yang menjadi perilaku sehari-hari, untuk menjalan peran dan fungsinya sesuai amanah dan tanggung jawabnya itulah karakter. Tak ada yang instan, membutuhkan proses dalam pembentukan karakter dan akan terus berlangsung selama kita hidup.

 Didalam karakter kita dapat menemukan berbagai sifat baik seperti : jujur, tidak egois, loyal, bertanggung jawab, sabar, Syukur  dan lain sebagainya. Orang yang berkarakter niscaya akan selalu bahagia walaupun hidup dalam keterbatasan materi. Orang kaya belum tentu bahagia dan orang miskin belum tentu dia merana. Orang kaya bersedekah itu biasa dan orang miskin bersedekah itu baru hebat, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.

Bicara karakter berarti kita bicara tentang perilaku, juga bisa dikatakan bicara akhlaq. Akhlaq disini tentunya adalah akhlaqul karimah atau akhlaq yang baik. Setiap insan yang baik pasti mempunyai perilaku atau karakter yang baik dan akan selalu berusaha untuk menjadi insan yang baik.

Untuk menjadi insan yang baik tidak cukup hanya dengan perbuatan saja, melainkan harus disertai ilmu dan keyakinan serta keikhlasan. Dalam rangka bersama-sama menjadi insane yang berkarakter, KJKS BMT TUMANG mengadakan pelatiahan tentang CHARACTER BUILDING bersama Erie Sudewo pada tanggal 2-3 Nopember 2013 di solo. Pada pelatihan tersebut diikuti oleh jajaran pengawas, pengurus dan semua pengelola KJKS BMT TUMANG.

Pada kesempatan tersebut Erie Sudewo menyampaikan bahwa setiap kita harus mempunyai alasan dan tujuan kenapa kita bekerja ataupun berada di lingkungan BMT? Dari pertanyaan tersebut Mas Erie (panggilan Erie Sudewo) menyampaikan bahwa salah satu tujuan BMT adalah bukan hanya menjadi Lembaga Keuangan Syariah saja melainkan juga akan membangun peradaban Islam.

Dari tujuan tersebut bisa dipastikan bahwa untuk membangun peradaban harus dimulai dari setiap diri atau pribadi, sehingga setiap pegiat BMT harus selalu mengadakan perbaikan diri. Setelah itu baru bersama membangun peradaban melalui lembaga kita BMT. Pada akhirnya BMT akan menjadi warfna di negeri ini dalam melakukan perbaikan-perbaikan di negeri ini.

Selamat berjuang para Mujahid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top