Goresan Kasih Pelatihan Kemarin

Minggu, 15 Juli 2018 pelatihan dengan penuh pengorbanan. Pagi itu begitu dingin. Mata terasa berat untuk terbuka apalagi menatap. Gravitasi kasur yang kuat menambah kenyamanan bergumul dengan bantal dan selimut tebal. Seolah badan kaku terlarut dalam nyamannya hari libur. Dalam hayalan teringat sesuatu yang memaksa keluar dari zona nyamannya kasur, “Pelatihan Ustdaz/Ustadzah se Kaliwungu” di KSPPS BMT TUMANG bersama Ustadzah Saranti Donita Ritrianti, M.Pd.I.

Sontak mata terbuka mengintip jam di dinding. Samar terlihat jarum jam menunjukkan pukul 06.30 wib. Menghela nafas, bangkit menuju kamar mandi. Guyuran air dingin pegunungan membuat mata melek, badan bergetar kedinginan. Kabur…… bergegas keluar.

Mutar-mutar didepan kaca, menatap kombinasi baju batik sederhana dengan wajah apa adanya, seolah pria paling tampan sedunia. Semprat-semprot parfum menambah kesegaran badan, semakin percaya bahwa diri nyaman untuk dilihat. Sejenak melirik kearah jam di dinding. Jarum jam menunjukkan pukul 07.00 wib, bergegas ambil motor dan pergi ke kantor menyiapkan ruangan dan perlengkapan acara.

Sret-sret dengan sekejap ruangan dan perlengkapan selesai disiapkan bersama Manager Maal, Pak Jumali. Waktunya menunggu peserta datang sambil sarapan snack kecil dari pesanan.

08.00 wib peserta mulai datang satu persatu maupun rombongan. Cepat sigap mengarahkan tempat duduk. Bermodalkan senyum ramah, tangan kecil menggenggam tangan peserta, dengan sentuhan kata-kata lembut mengarahkan posisi duduk peserta. Hubungan hangat demikian tercipta. Tak jarang canda dan tawa menghiasi pagi itu. Tak butuh waktu lama semua peserta telah siap, pembicara telah datang, dan pelaksanaan segera dimulai.

Pembawa acara pun mulai mengambil mike untuk membuka acara. Pak Sri Mawanto, seorang sekertaris Badko Kaliwungu yang memandu acara kali ini. Dibuka dengan lantunan ayat suci Al Qur’an keberkahan acara semoga didapatkan. Sambutan dari Manager Baitul Maal KSPPS BMT TUMANG pun dimulai. Pak Jumali, menyampaikan untuk berjamaah berjuang demi agama. Baik lewat pendidikan maupun keuangan syariah. Disusul sambutan oleh Ketua Badko Kaliwungu, Bapak Habib. Beliau menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam atas kepedulian dan peran Baitul Maal KSPPS BMT TUMANG terhadap guru TPA/TPQ.

Pelatihan pun berjalan, semua mata tertuju pada satu sosok wanita luarbiasa, Ustadzah Donita. Dalam materinya beliau menyampaikan bagaimana cara mendidik dan menghadapi anak. Dengan berbagai macam tingkah laku anak sesuai umurnya. Maka, sebagai pendidik kita harus menempatkan diri, cara mengatasi dan menghadapi anak sesuai dengan umurnya. Dengan bergitu, anak akan lebih mudah terarah. Tak hanya sampai disitu, ustdzah satu ini juga memberikan evaluasi kepada peserta dengan mengingat ulang kembali segala materi yang disampaikannya. Hal yang menarik adalah, evaluasi ini dilakukan dengan memberntuk kelompok kepada peserta kemudain peserta berkarya dengan potonga-potongan kecil kertas warna-warni bertuliskan isi materi.

Acara pun selesai, seluruh peserta sumringah karena merasa puas dengan pelaksanaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top