Pelatihan Guru Ngaji

Bersama Al Qur’an Tingkatkan Kualitas Keislaman

KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG_____ Baitul Maal wa Tamwil (BMT) TUMANG Boyolali bekerjasama dengan Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (BADKO TPQ) Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang mengadakan pelatihan baca Al Qur’an dengan metode  Nurul Bayan dan menghafal Al Qur’an (tahfidz) dengan metode Haramain (gerakan tangan), sehingga mudah di ingat dan cepat hafal. Acara ini di ikuti oleh 270 peserta dari guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Guru Pendidikan Agama Islam SD/SMP/SMK, Guru RA, Guru PAUD, dan masyarakat umum.

Muh Habib S.PdI selaku ketua BADKO kecamatan Kaliwungu dan juga ketua panitia pelaksana kegiatan ini berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan ini dari awal sampai akhir acara, sayang sekali jika sampai melewatkan pelatihan ini, karena ini nanti akan langsung kita praktekan bersama-sama dan langsung bisa diterapkan untuk anak didik kita masing-masing di lembaganya. Ungkapnya dalam sambutan pembukaan acara.

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh BMT Tumang yang berkantor pusat di Boyolali. Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini Ust. Rudi Hartanto Alhafidz dari Surakarta.  Kegiatan berlangsung pada hari minggu 3 Desember 2017 dari Pukul 07.30 s/d Pukul 15.00 WIB. Acara di buka oleh Muspika Kecamatan Kaliwungu yang diwakili oleh Personil Polsek Kaliwungu Bapak Haryanto Amd. Beliau menyampaikan dalam sambutanya bahwa, jika semua warga kaliwungu belajar Al Qur’an, semua akan menjadi aman. tegasnya.

Acara berlangsung sangat meriah dan berbobot ilmu yang tinggi ini di laksanakan dalam dua sesi, sesi pertama materi tahsin yaitu dengan memperbaiki cara baca Al Qur’an sedangkan pada sesi kedua menghafalkan Al Quran dengan gerakan tangan menggunakan metode Haramain. Hadir pula pada kesempatan ini Bapak Kyai Sambyah Tanwiri yang memimpin doa acara pembukaan. Disela-sela berlangsungnya kegiatan Kyai Sambyah juga berpesan semoga seluruh guru ngaji bisa mengikuti pelatihan-pelatihan seperti ini, dan beliau berharap agar pelatihan ini berkelanjutan diwaktu yang akan datang, sehingga guru ngaji benar-benar menguasai Al Qur’an. Semoga sukses mas, pungkasnya sebelum meninggalkan tempat untuk melaksanakan sholat dhuhur.

Sebelum acara pelatihan diakhiri, ada lima peseerta yang bisa mempraktekan di depan peserta lainya dan mendapat hadiah langsung berupa CD tutorial menghafal Al Qur’an dengan gerakan tangan. Sujiwati dari TPQ Al Ikhlas desa Papringan merasa sangat senang dan tambah semangat dalam menghafalkan Al Qur’an setelah mengikuti pelatihan ini lebih-lebih mendapat hadiah CD dari ustadz. Rudi Hartanto Al Hafidz secara langsung. Hari ini aku beruntung sekali mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, ungkapnya sambil berpamitan dengan panitia dan teman-teman yang lain.

___________________________Ade & choyR- 2017_____________________

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top