Hukum Darah

Diantara bentuk najis adalah darah yang mengalir akibat hewan disembelih.

Para ulama sepakat bahwa darah yang mengalir dari tubuh manusia baik luka dengan sendirinya, seperti darah haid, nifas dan mimisan, atau terluka, atau darah hewan yang keluar akibat terluka atau karena disembelih hukumnya adalah haram dan najis.

Adapun darah yang tidak mengalir, seperti darah yang tersisa di dalam daging dan urat hewan setelah disembelih, hukumnya halal dan boleh dimakan.

Kesepakatan ulama tersebut dinukil oleh Ibnu Hazmi, ia berkata, “Para ulama sepakat, bahwa darah dalam jumlah besar adalah najis, kecuali darah ikan dan darah hewan yang tidak mengalir dari tubuhnya bila terluka. Dan para ulama berbeda pendapat tentang berapa batasan banyak yang dianggap najis…” (Maratib Al Ijma’, hal 19).

Juga dinukil oleh An Nawawi, ia berkata, “Sesungguhnya darah adalah najis, hukum najis ini merupakan ijma’ kaum muslimin” (Syarh Shahih Muslim, jilid III, hal 200).

Hukum Ijma’ ini berdasarkan firman Allah,

Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir”. (Al Anaam : 145).

Dan firman Allah,

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah”. (Al Baqarah: 173).

Dan firman Allah,

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah”. (Al Maidah: 3).

Dan firman Allah,

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah”. (An Nahl: 115).

Allah mengharamkan darah untuk dimakan, karena orang-orang Jahiliyah dahulunya suka memasukkan darah sembelihan ke dalam usus unta, lalu dibakar dan dimakan. Allah juga menggandengkan hukum haramnya darah dengan bangkai. Dan bangkai adalah najis, maka hukum haramnya darah juga karena sifat najisnya.

 

Disadur dari:

Tramizi, Erwandi. 2016. Harta Haram Muamalat Kontemporer. Cetakan 12. Halaman 91-93. PT. Berkat Mulia Insani: Bogor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top