Berdakwah di Rutan Boyolali

Program Gerakan Wakaf Quran (GerwaQu)yang diselanggarakan pada Sabtu (14/1) lalu menjadi bagian dari gerakan sosial dakwah yang dilakukan oleh komunitas sosial di Boyolali. Program ini ditujukan kepada para narapidana yang masih berada di rumah tahanan. Sebanyak seratus tiga puluh enam narapidanapun juga telah mendapatkan Quran wakafnya dari program GerwaQu.

Program ini merupakan hasil dari kerjasama antara Perhimpunan BMT se-Indonesia (PBMTI) tingkat Daerah Boyolali, Baitul Maal Hidayatullah dan Perhimpunan Kaya Bermakna.

BMT Tumang pun juga tidak ketinggalan untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Tumang mengharapkan dengan program Gerakan Wakaf Quran ini dapat menjadi fasilitas bagi para narapidana dalam meningkatkan bacaan Qurannya selama di dalam rumah tahanan.

Pemberian Quran wakaf ini diterima langsung oleh Mustajab yang mewakili Bidang Kerohanian Lapas Kabupaten Boyolali. “Kami membutuhkan peran ulama, peran ustadz untuk dapat berpartisipasi dalam pembinaan warga lapas.” Hal itulah yang diungkapkan oleh Mustajab dalam sambutannya. Selain itu Mustajab juga berterimakasih kepada pihak yang telah mensukseskan acara ini. Harapan selanjutnya yang disampaikan oleh Mustajab, selaku bagian kerohanian adalah pembinaan yang berkelanjutan agar manfaatnya lebih maksimal.

Acara tersebut dilaksanakan di Musholla yang ada di dalam Rumah Tahanan Boyolali. Dalam musholla yang diberi nama At Ta’ibin, para narapidana berkumpul dan  duduk dengan rapi. Kesan menyeramkan dari para napi hilang ketika Ust Bahar menyampaikan sambutannya. Dimana para narapidana dengan antusias mendengarkan tausyiyah dan wejangan yang disampaikan oleh Ust Bahar.

“Belum tentu kami yang di luar (lapas) lebih baik dari saudara-saudara yang di dalam, sementara aib-aib kami masih banyak yang ditutupi oleh Allah. Pada hari kiamat nanti mulut kita ditutup, dan berkatalah tanga, kaki terhadap apa yang sudah diperbuat.” Kata-kata yang diucapkan ust Bahar tersebut menjadi inti dari pada peretemuan teresbut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top