Baitul Maal BMT TUMANG Ikuti Roadshow dan Baksos

Dalam rangka meningkatkan jalinan silaturahim dan meningkatkan kapasitas sumber daya insani baitul maal, beberapa waktu lalu Baitul Maal BMT TUMANG mengikut roadshow dan baksos yang diselenggarakan Forum Baitul Maal PBMTI Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Pati, tepatnya di RS Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati.

Agus Jamaludi, selaku ketua panitia penyelenggara dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan roadshow dan baksos merupakan agenda terprogram yang sebelumnya kegiatan serupa juga pernah dilaksanakan di Kabupaten Banyumas dan Temanggung. “Kegiatan ini bukan saja diisi dengan agenda aksi sosial secara langsung, namun juga ada pembekalan secara materi. Mulai dari bagaimana penghimpunan dana dari dunia maya, penguatan pemberdayaan ekonomi bagi baitul maal, hingga motivasi dan peran penting baitul maal,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Abdurrahman, Ketua MPD PBMTI Pati. Menurutnya, antara Tamwil dan Maal harus bersinergi dan saling mengisi dalam menjalankan tugas keumatan. “Antara Maal dan Tamwil tidak boleh terpisah. Ibarat BMT itu manusia, maka Maal adalah ruh-nya, sedangkan Tamwil adalah jasadnya. Untuk itu, keduanya harus saling menopang, memiliki misi dan visi yang sama,” tandasnya.

Dalam kegiatan dua hari tersebut juga dilakukan pemberian santunan kepada 70 tukang becak binaan Baitul Maal KSPPS Fastabiq. Juga dilakukan kunjungan ke peternak ayam Joper (Jowo Super) yang juga merupakan binaan baitul maal KSPPS Fastabiq. Acara terus dilanjutkan dengan kunjungan ke acara baksos dan pengobatan gratis massal.

Secara umum, kegiatan roadshow dan baksos berjalan lancar dan memberi inspirasi bagi BMT-BMT yang mengikuti kegiatan tersebut. Sebut saja Anton, dari BMT BIM MPD Karanganyar. Menurutnya, kegiatan roadshow itu penting bukan sekadar mempererat silaturahim dengan sesama BMT perhimpunan. Namun juga untuk memperluas khasanah keilmuan di bidang Maal dan mengasah kesiapan mental seorang insan Maal. “Kegiatan ini penting untuk pembinaan ilmu, mental, jaringan dan kebersamaan,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top