Kekuatan Pertanyaan

Tak terasa pengajian Bisnis BMT TUMANG telah memasuki putaran ke-6. Sudah banyak ilmu yang telah ditularkan kepada peserta atau jamaah. Mulai dari bagaimana mengubah cara berfikir (mindset), kekuatan memaafkan, hingga bagaimana melepas diri dari ‘kecacatan’. Bisa dikatakan semua peserta merasakan kemanfaatan dari pengajian tersebut. Mereka mengaku mendapatkan hal-hal baru yang selama ini tak pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Nah, memasuki pengajian bisnis yang ke-6 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, tema yang dibawakan Bambang Nugroho ialah ‘Kekuatan Pertanyaan’. Sebuah tema yang bertujuan pada pengukuran atau mengulik sejauhmana kualitas diri kita melalui pertanyaan-pertanyaan.

Tanpa disadari ternyata kaliber diri kita dipengaruhi oleh kualitas pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam diri kita sendiri. Semakin baik pertanyaan yang muncul dalam diri manusia sedikit banyaknya akan mencerminkan kualitas diri yang baik. “Pertanyaan yang baik itu adalah pertanyaan dengan konten yang positif,” katanya.

Sebagai contoh pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam diri seorang pebisnis pemula yang baik adalah bagaimana usahanya agar dapat laba yang besar? Atau bagaimana caranya agar bisnis yang akan dijalankan bisa membawa maslahat buat orang banyak.

“Sedangkan pertanyaan negatif, seperti bagaimana jika bisnisku ini merugi? Bagaimana jika tidak ada yang membeli? Dengan pertanyaan negatif itu, maka akan menumbuhkan mental atau karakter yang negatif pula,” terangnya.

Sebagai ilmu baru, tentu kita akan bertanya mengapa itu bisa terjadi? Ternyata otak manusia akan berusaha mencari seluruh jawaban yang muncul dari pertanyaan tersebut. Dan ini merupakan fitrah manusia, sehingga perlu pembiasaan dalam mewujudkan diri yang positif dengan selalu memunculkan pertanyaan yang positif pula.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top